Mahasiswa yang mengikuti kursus gratis Bahasa Arab dan Inggris yang digelar UPT Bahasa IAIN Sorong. (ist)

Humas IAIN Sorong –  Guna membekali para mahasiswa pada materi perkuliahan  berbahasa asing, Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong menggelar matrikulasi  Bahasa Arab dan Bahasa Inggris bagi mahasiswa baru yang berlangsung satu bulan, 20 November-9 Desember 2023 lalu.

Kepala UPT Bahasa IAIN Sorong, Misnariah Idrus, M.A mengatakan, kegiatan matrikulasi  ini merupakan kegiatan pelatihan berupa  kursus gratis  yang digelar di Laboratorium Bahasa  IAIN Sorong  dan disambut  antusias para mahasiswa. Total peserta berjumlah 240 orang.

“Dalam kegiatan ini mahasiswa dapat kursus gratis, untuk Bahasa Arab ditujukan kepada mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah  (PGMI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) sedangkan Bahasa Inggris ditujukan ke Prodi lainnya, Tadris Bahasa Inggris, Tadris IPA, MPI, Hukum Keluarga, Ekonomi Syariah dan Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam,”terang Misnariah Idrus.

Kursus gratis yang berlangsung di luar jam kuliah para mahasiswa menghadirkan pengajar yang merupakan alumni IAIN Sorong yang kompeten. “Untuk tenaga pengajar adalah alumni IAIN Sorong yang  telah lolos   seleksi admnistrasi, interview, microteaching dan teaching training. Ada 1 orang pengajar Bahasa Arab dan 3 orang pengajar Bahasa Inggris,”tandas Misnariah.  Adapun materi yang diajarkan meliputi tata bahasa, menyimak, berbicara dan membaca.

Terkait dengan kegiatan kursus gratis ini, dikatakan oleh Misnariah, IAIN Sorong  sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam di Indonesia perlu terus berinovasi untuk tetap relevan dan berkembang dengan pengayaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bagian integral dari kurikulum akan memperkuat posisi IAIN Sorong sebagai pusat pendidikan unggul yang menghasilkan lulusan yang tidak hanya  menguasai ilmu keislaman, tetap juga memiliki daya saing global.

Lanjut dikatakan, pengayaan bahasa  ini tidak terlepas dari kebutuhan pemahaman Keislaman yang mendalam. “Bahasa Arab merupakan bahasa Al- Qur’an dan Hadis dan kemampuan memahami dan menguasai Bahasa Arab akan membuka pintu pemahaman yang lebih dalam terhadap  Islam. Selain itu keahlian dalam Bahasa Inggris memungkinkan akses terhadap pemikiran dan literatur Islam yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa tersebut,”terang Misnariah Idrus.

Suasana kegiatan kursus gratis yang digelar UPT Bahasa IAIN Sorong. (ist)

Ia berharap pengayaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris bagi mahasiswa baru IAIN Sorong pada akhrnya dapat menciptakan lulusan yang berdaya saing tinggi, memiliki perspektif global dan mampu berkontribusi dalam pembangunan  masyarakat dan dunia.

Dikatakan oleh Misnariah Idrus, setelah mengikuti kursus gratis, peserta sudah mampu memperkenalkan diri menggunakan Bahasa  Arab dan Bahasa Inggris dan melakukan percakapan sederhana.(rosmini)