Memasuki era industri 4.0 yang mewajibkan setiap individu harus mampu menguasai tekhnologi yang ada, hal ini didukung dengan kekuatan arus globalisasi yang menggiring kita pada kondisi yang lebih kompetitif terutama di bidang pendidikan dan keberhasilan di dunia kerja

Zahir Accounting merupakan salah satu software akuntansi yang digunakan dan telah menjadi software multi nasional yang digunakan berbagai perusahaan.

Kemunculan zahir dengan menawarkan kemudahan dalam pengimputan transaksi serta kelengkapan dalam penyajian laporan keuangannya menjadikan salah satu keunggunlan software ini. Untuk itu sumber daya manusia yang dapat mengoperasikan software ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Workshop Zahir Accounting dengan Tema One Day With Zahir diselenggarakan oleh Forum Aktivitas Mahasiswa Ekonomi Syariah yang bermaksud untuk memperkenalkan kepada para peserta workshop bagaimana cara kerja zahir serta mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang dapat mengoperasikan Zahir Accounting.

Workshop Zahir Accounting dilaksanakan di Laboratoriun Terpadu STAIN Sorong, dengan peserta terbatas dari berbagai Sekolah dan Universitas di Kota dan Kabupaten Sorong. Tercatat terdapat 28 peserta dari SMKN 1 Kota Sorong, SMKN 1 Kab. Sorong, SMAN 2 Kota Sorong dan Universitas Terbuka Kota Sorong.

Di pelopori oleh Trainer bersertifikasi dari Zahir Accounting sekaligus dosen mata kuliah akuntansi Bapak Arfandi SN, S.E., MM.bukan masalah bagus dan tidaknya aplikasi ini, tetapi bagaimana cara anda untuk mau mempelajarinya” tutur beliau ketika memberikan pelatihan kepada peserta workshop. Memberikan materi mulai dari awal hingga akhir yang merupakan bekal para peserta bisa dan mampu mengaplikasikannya sendiri

Hasil dari kagiatan ini diharapkan agar dapat melahirkan cikal bakal sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan Zahir Accounting dan dipersiapkan sebagai skill khusus ketika memasuki dunia kerja, memahami pemahaman mengenai siklus dan alur proses akuntansi hingga pelaporan keuangan, memberikan keterampilan dalam bidang penguasaan teknologi informasi khususnya bidang akuntansi, memeberikan keterampilan dalam melakukan implementasi program, membaca alur sistem, laporan keuangan serta menganalisis masing-masing laporan keuangan serta memberikan gambaran kepada peserta mengenai sejauh mana perkembangan ilmu akuntansi yang terjadi dewasa ini. (w)