Humas IAIN Sorong (Semarang) – Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qaumas pada Sabtu, (03/02/2024) secara Resmi menutup kegiatan  Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2024 Hotel Padma Semarang. Menteri Agama yang akrab disapa Gusmen ini mengingatkan akan pentingnya peran agama dalam menghadapi krisis kemanusiaan saat ini.

Terlihat hadir dalam Closing Ceremony penutupan AICIS ini Sekjen Kemenag RI sekaligus Plt. Rektor UIN Walisongo Prof. Nizar Ali, Dirjen Pendir, Direktur PTKI, Pj. Gubernur Jawa Tengah, seluruh invited speakers pada AICIS dan pembicara Religious Leaders Summit, Pimpinan Perguruan Tinggi serta Anggota Forum Humas PTKIN.

Dalam arahannya menyampaikan bahwa agama bukan hanya tentang keyakinan pribadi tetapi juga bagaimana memberi sumbangan nyata dalam mengatasi krisi kemanusiaan yang kita hadapi saat ini baik di Eropa Timur, Timur Tengah dan lain-lain. Sehingga posisi agama dalam konteks perdamaian dunia adalah sebagai sumber inspirasi dan ketenangan, memberi pesan moral dan etika serta pemersatu dan penyejuk konflik.

Gusmen juga memberikan langkah-langkah konkret dalam merespon krisis kemanusian diantaranya mobilisasi sumber daya agama, promosi kolaborasi antar agama untuk perdamaian serta advokasi perdamaian, keadilan dan Hak Azazi Manusia. Gusmen berharap agar AICIS 2024 ini menjadi momentum perubahan nyata dan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran agama dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

Diakhir sambutan Gusmen mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam perhelatan pelaksanaan AICIS 2024 ini.