Dr Hamzah M Ag; Tidak Melek Teknologi Kita Akan Mati Sosial.

Rapat yang digelar di ruang rapat lantai 2 Rektorat IAIN Sorong membahas tentang efisiensi pengelolaan data mahasiswa secara digital.

Dalam sambutannya pada rapat presentasi Data Internal dan Efisiensi Pengelolaan Data Teknologi Informasi dan Pusat Pangkalan Data (TIPD) dan Akademik IAIN Sorong, Rektor IAIN Sorong Dr Hamzah M Ag mengatakan tidak melek teknologi akan menjadikan kita mati sosial dalam pemanfaatan, penyebaran dan pengelolaan informasi secara digitalisasi dengan baik dan efisien.

Hamzah menambahkan jika saat ini kita tidak bergerak cepat dalam percepatan pengelolaan informasi maka secara langsung maupun tidak langsung kita akan mengalami ketertinggalan yang amat sangat jauh dari institusi perguruan tinggi yang lain yang berada di luar Papua dan Papua Barat khususnya di Indonesia Bagian Timur.

Sebagai institusi pendidikan perguruan tinggi di wilayah Papua, IAIN Sorong mesti menggenjot percepatan pemanfaatan teknologi dan informasi di era digitalisasi saat ini.

Sesuai dengan Visi dan misi IAIN Sorong menjadi perguruan tinggi berbasis digitalisasi mesti memberikan contoh dan panutan bagi perguruan tinggi lain dalam pemanfaatan dan pengelolaan digitalisasi yang baik dan terukur sesuai dengan tupoksi peran lembaga pendidikan dan keagamaan di wilayah Timur Indonesia.

Percepatan dan perluasan digitalisasi diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan publik. Selain itu, mendukung transparansi sistem pendidikan Indonesia dan optimalisasi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di Indonesia Bagian Timur.

Upaya ini tidak akan berhasil tanpa ada sinergi yang berkesan dan kesinambungan antara semua pihak yang terkait dalam pengelolaan dan pemanfaatan teknologi informasi di dunia pendidikan tanah air.

Turut hadir pada rapat tersebut Wakil Rektor I IAIN Sorong Dr Muhammad Rusdi Rasyid M Pd I, Plt. Wakil Rektor II Drs Umar Sulaiman M Si., Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah Dr Surahman Amin Lc MA., Dekan Fakultas Terbiyah Drs Hasbullah M Pd Ph D., Plt. Kasubag PKA Radiah Said SE., Plt. Kepala Unit TIPD Rabiuddin S Pd M Pd. Dan seluruh Wakil Dekan dan Koordinator Program Studi IAIN Sorong.