Sorong, iainsorong.co.id – Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong menghadiri acara Pelepasan Calon Wisudawan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Papua (FK-Unipa) Kamis, 21 November 2019. FK-Unipa yang kampusnya berada di Kabupaten Sorong menjadi satu-satunya kampus kedokteran yang terdapat di Papua Barat. Hal ini menunjukkan Papua Barat dan Papua ke depannya tidak akan kekurangan tenaga medis khususnya dokter (dr.).

Kondisi ini menjadi hal yang sangat disorot oleh Ketua STAIN Sorong, Dr. Hamzah Khairiyah, M.Ag. Beliau ikut bangga dengan adanya kampus kedokteran di tanah Papua. Ketua STAIN Sorong juga  berusaha untuk mengahadiri undangan tersebut. Apa yang dilakukan oleh Ketua STAIN ini merupakan wujud dari slogan STAIN Sorong di bawah kepemimpinannya yakni “Harmoni dan Produktivitas”. Setidaknya kehadiran beliau atas nama STAIN Sorong semakin menguatkan kedudukan kampus yang mengutamakan jalinan kerja sama dengan semua pihak. Oleh karena itu, Ketua STAIN Sorong tidak henti-hentinya melakukan usaha untuk menarik perhatian semua pihak terhadap keberadaan dan keeksistensian STAIN Sorong sebagai kampus negeri yang berlandaskan keIslaman. Meskipun merupakan kampus Islam, STAIN Sorong tidak menutup diri dari keberagaman. Kampus yang terletak di perbatasan Kota dan Kabupaten Sorong ini sangat mengutamakan toleransi. Ke depannya setelah menajdi IAIN akan dibuka jurusan yang bisa menampung mahasiswa yang beragama non-Islam.

Keadaan inilah yang memicu semua pihak untuk terus membuka ruang bagi STAIN Sorong dalam hal kerja sama. Dr. Hamzah pun sebagai ketua selalu berusaha menghargai semua bentuk respon tersebut. Selanjutnya diharapkan kepada seluruh dosen, pegawai, dan mahasiswa untuk ikut andil dalam menciptakan kesan-kesan positif terhadap keberadaan kampus STAIN Sorong.

Penulis: Lalu Arul