Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW disampaikan oleh Prof Dr Hamzah, M.Ag.

Humas IAIN Sorong  – Dengan mengusung tema “Spirit Maulid Nabi Muhammad  SAW Tahun 1445 H/2023 Masehi Kesempatan  Refleksi Budaya  Siri Na Pacce”, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar BPD Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) dan PC Ikatan Wanita Sulsel Kabupaten Sorong (Kabsor) di Aula MTs SP 2 Kabupaten Sorong, Minggu (15/10) berlangsung lancar.

 Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini yang diawali dengan pembacaan Qalam Ilahi oleh Musliadi Al Hafidz, tamu undangan tidak saja dihibur dengan penampilan grup qasidah dan salawat dari IWSS Provinsi Papua Barat Daya dan grup salawat Miftahul Khoir dari NN  binaan H. M Said, tapi juga mendapatkan pencerahan yang luar biasa dari  Hikmah Maulid Nabi yang disampaikan oleh Prof Dr Hamzah, M.Ag yang sehari-hari Rektor IAIN Sorong.

 Dahsyatnya kekuatan  salawat kepada Nabi Muhammad SAW, diuraikan  oleh Prof Hamzah. Bahwa  Salawat adalah resep kehidupan. Ibu-ibu yang sering bersalawat, kekuatan salawat jangan diragukan.

 Dikatakan oleh Prof Hamzah, dengan membaca salawat maka kita bisa berteman 3 hal yakni  yang pertama kita berteman dengan Allah SWT, berteman dengan Rasul, Nabi Muhammad SAW, serta dengan sering bersalawat maka kita juga berteman dengan malaikat.

  Salawat juga sangat bagus bagi mereka yang sedang galau.  Prof Hamzah mengingatkan untuk jangan sering galau. “Galau itu ada di hati kita, jangan isi hati anda dengan galau. Karena bagaimana pun  serahkan semuanya pada Allah SWT, anda melakukan usaha baca salawat,”pesan Prof Hamzah.

 Salawat bisa dilakukan kapan saja, ibu-ibu sambil  masak nasi goreng di dapur juga bisa bersalawat.  “Kelamahan kita adalah, kita selalu mengandalkan kalkulasi intelektual. Kita terlalu mengandalkan  kalkukasi matematika,  perhitungan manusia, ini yang membuat kita galau. Kita jarang menyerahkan pekerjaan itu kepada malaikat. Silakan malaikat bekerja. Kalau kita bersalawat, kita berteman dengan Allah, kita berteman dengan Rasul dan kita berteman dengan  malaikat,”terang Prof Hamzah.

 Disela penyampaian ceramahnya ,Prof Hamzah pun  mengajak tamu undangan untuk bersalawat .

 Terkait dengan tema yang diusung , dimana ada kata Siri Na Pacce , Prof Hamzah mengatakan, Siri Na Pacce itu sama dengan energi. “ Kalo tidak ada Siri Na Pacce itu  bukan  lagi warga KKSS. Siri Na Pacce itu adalah ciri, merek, sama dengan energi, sama dengan kekuatan,”ujar Prof Hamzah.

   Kekuatan manusia itu sama niatnya. Kalau tidak ada niat maka tidak ada lagi kekuatan. Walaupun hidup tanpa niat tidak ada kekuatan. Lebih lanjut, Prof Hamzah pun memuji 3 perilaku pohon pisang yang disebutnya pohon yang tidak pernah mati kalau tidak ada yang ditinggalkan, pohon yang paling sabar, dan pohon pisang  paling banyak gunanya.

 “Masyarakat Sulsel  itu belajarnya  bukan di kelas saja, tapi belajar di alam terbuka. Inilah sala satu karakter Siri Na Pacce. Tidak ada orang Sulsel mati kelaparan,”tandas Prof Hamzah

  Sementara itu, Ketua  BPW KKSS Provinsi Papua Barat Daya H. M.Said dalam sambutannya berharap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dijadikan sebagai momentum persatuan bagi warga KKSS.  Dalam pesta demokrasi 2024 mendatang, diharapkan jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan warga KKSS di Papua Barat Daya.

Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Harapan agar warga KKSS dan IWSS  saling mendukung, berjalan seiring disampaikan oleh Ketua PC IWSS Kabupaten Sorong, Darmawati Syam, S.Ag MM.

 Seperti sokko (nasi ketan) yang di isi di bakul Maulid,   senantiasa saling melekat, melambangkan persatuan, tidak tercerai berai satu dengan yang lain.  Filosofi mulai dari telur, pohon pisang hingga bakul (ember) yang ada dalam peringatan Maulid Nabi diulas oleh Darmawati Syam.

  Ketua PC IWSS Kabupaten Sorong berharap dari peringatan Maulid Nabi Muhammad , lebih meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan meneladani sifat-sifatnya untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 Ia juga menyampaikan terima kasih kepada panitia dan warga KKSS di Kabupaten Sorong yang telah berpartisipasi aktif  mendukung terlaksananya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dengan memberikan bantuan membawa ember maulid ataupun  bentuk dukungan lainnya dengan penuh ikhlas.

 Darmawati Syam pun berharap peringatan Maulid Nabi   Muhammad SAW seperti ini dapat diagendakan untuk dilaksanakan setiap tahun.

  Ketua Panitia Dr Fardan Abdillah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan warga KKSS   Kabupaten Sorong yang telah berpartisipasi  dengan memberikan bantuan baik moril maupun materil hingga peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar PC IWSS dan KKSS Kabupaten Sorong  berlangsung lancar.

 Selain Ketua BPW KKSS Papua Barat Daya, H. M Said dan Ketua IWSS Papua Barat Daya Hj Noorjannah,   hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, anggota DPD RI, H. M Sanusi Rahaningmas ,  anggota DPRD Kabupaten Sorong Nurtina Lasaka, Ismawati, Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong,  Dr H. Surahman Amin, Lc.MA , Ketua IKT, Ketua HIKMAH dan ketua-ketua pilar KKSS  dan tamu undangan lainnya.

 Rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H yang dipandu MC Siti Hasnah, S.Pd diakhiri dengan pembagian ember maulid dan foto bersama. (rosmini)