Rangkaian acara pembukaan Asesmen Lapangan Pemantauan Evaluasi Peningkatan Akreditasi pada Prodi KPI IAIN Sorong

Humas IAIN Sorong- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong terus berupaya meningkatkan mutu di masing-masing program studi (prodi) pada fakultas di lingkup IAIN Sorong.

  Setelah melakukan assesmen lapangan pada Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) kembali mengutus asesornya untuk turun lapangan melakukan asesmen pada Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Syariah dan Dakwah IAIN Sorong.

 

Pose Aseseor BAN PT bersama pimlpinan dan jajaran dosen dan staf IAIN Sorong.

Pada Asesmen Lapangan Pemantau Evaluasi Peringkat Akreditasi pada Prodi KPI, hadir dua asesor BAN PT yakni Profesor Dr Ilyas Supena, M.Ag dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang Jawa Tengah dan Asesor Dr Hamidah,M. Ag, Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan.

   Jika pada asesmen lapangan Prodi PGMI Fakltas Tarbiyah lalu berlangsung secara daring, kali ini, asesor BAN PT Profesor llyas Supena dan Dr Hamidah datang melakukan asesmen lapangan secara langsung ke IAIN Sorong.

  Dalam sambutannya pada acara pembukaan Asesmen Lapangan Pemantau Tahap 3 Akreditasi Prodi KPU di Ruang Fakultas Syariah dan Dakwah Lt II , Sabtu (14/10), Profesor Ilyas Supena mengungkapkan alasan teologis dirinya ingin datang langsung ke Sorong tak lain karena merasa terpanggil untuk bersilaturahmi langsung dengan keluarga besar IAIN Sorong khususnya jajaran Prodi KPI Fakultas Syariah dan Dakwah.

  Pertimbangan kedua, kenapa asesmen lapangan kali ini tidak dilakukan secara daring karena secara filosofis, subtantif, Profesor Ilayas Supena merasa 

kurang afdol, kurang barokah jika asesmen lapangan yang sangat keilmuan ini dilakukan secara daring. 

 Bukan hanya bermaksud untuk melakukan verifikasi terhadap dokumen yang telah disampaikan oleh Prodi KPI ke BAN PT, yang terpenting dari asesmen lapangan ini kata Profesor Ilyas Supena adalah merupakan wadah bagi dirinya dan Dr Hamidah untuk berbagi pengalaman bagaimana mengembangkan IAIN Sorong khususnya Prodi KPI seperti yang telah dilakukan di UIN Walisongo dan UIN Raden Fatah Palembang.

 “ Saya merasa perlu untuk berbagi pengalaman, bagaimana kita mengembangkan prodi KPI di Semarang dan Pelembang. Pengalaman ini yang penting disampaikan bersama-sama, supaya cara berlarinya kita itu sama. Dan sampai ke tujuan juga kurang lebih sama. Karena itu kami hadir di sini untuk sama-sama membangun kualitas yang berstandarisasi menurut standar KPI,”ujar Profesor Ilyas Supena.

 Melihat yang hadir dalam pembukaan asesmen lapangan mulai dari mahasiswa, alumni, mitra KPI dalam hal ini pengguna dan pengelola , Profesor Ilyas Supena mengaku bangga bahwa ternyata kiprah alumni KPI IAIN Sorong turut diperhitungkan di Sorong.

 Sementara itu Rektor IAIN Sorong, Profesor Dr Hamzah, M. Ag dalam sambutannya mengaku sangat senang didatangi asesor BAN PT. Menurut Prof Hamzah, asesmen lapangan ini bukan sebagai pemeriksaan tapi wujud silaturahmi dan tukar pengalaman dari asesor BAN PT kepada Prodi KPI IAIN Sorong.

 “Tentu saja sebagai rektor sangat senang bapak ibu asesor datang. Data yang sudah dikirim, bisa dilengkapi dengan langsung melihat dan merasakan serta menikmati suasana yang ada di kampus IAIN Sorong,”ujar Profesor Hamzah didampingi Wakil Rektor I IAIN Sorong. Dr Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I, Kepala Biro AUAK, Dr H.M Arsyad Ambo Tuo, M.Ag dan Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah Dr Bambang Sunatar, SE MM.

  Rektor IAIN Sorong Prof Hamzah juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran para mitra Prodi KPI dan berharap agar jawaban yang diberikan kepada asesor BAN PT adalah jawaban yang mendukung pengembangan masa depan Prodi KPI.

 Bagaimana kiprah Prodi KPI selama ini disampaikan oleh Rektor IAIN Sorong yang mengungkapkan bahwa media IAIN cukup lengkap karena sudah ada radio, podcast dan media online KitorangNews yang dikelola oleh KPI. Selain itu di luar kampus para dosen KPI juga berpartisipasi dalam pengembangan dakwah Islamiah.

  “Mohon dukungan dan bimbingan dari bapak dan ibu asesor dalam rangka pengembangan KPI kedepan. Saran dari para mitra juga sangat diharapkan untuk pengembangan kampus kami ke depan,”ujar Profesor Hamzah.

 Usai rangkaian acara pembukaan, Asesor Profesor Ilyas Supena tak ingin berlama-lama sehingga presentase profile KPI yang tengah disampaikan oleh Koordinator Prodi KPI Dwi Iin Kahina, M.Sos.I tidak dilanjutkan sampai selesai dan langsung masuk pada sesi wawancara dengan mitra dan pimpinan Prodi KPI.

 Kepada asesor Dr Hamidah, M.Ag, pengguna Leonardo Marko dari ESL Entertainmant mengakui kualitas mahasiswa dan alumni KPI yang selama ini bekerja dengannya. Dimana dengan bekal ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah, alumni KPI dapat bekerja dan memiliki keahlian di bidang multi media.

 

 Dalam sesi wawancara dengan Pimpinan multimedia ESL Leonardo Marko, Pemred Radar Sorong Rosmini, Pemred Sorongnewss.com Olha Irianti dan Kepala LPP RRI James Awaeh, S.Sos diwakili Menis Asikin, Asesor Dr Hamidah menanyakan, apakah kurikulum di KPI ada yang perlu disempurnakan, jika ada masukan dari para mitra maupun user, agar dapat disampaikan ke Prodi KPI.  

 Sebagai mitra juga hadir dari Ikaswara dan mitra lainnya. Sementara dari alumni KPI hadir Dirfan Kahar, Faisak Abda’i, Abdul Rahman , Muhammad Valdo dan Riandi Hukom. Acara pembukaan asesmen lapangan ini pun jadi ajang reuni, temu kangen mahasiswa, alumni dan para dosen Prodi KPI IAIN Sorong. (rosmini)