Ahad, 22 November 2020

 

Mahasiswa KKN Terpadu IAIN Sorong Posko 9 Sorong Manoi 2 bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (YAKESMA) untuk membantu perekonomian masyrakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Gerakan membagikan 20 paket sembako awalnya merupakan ide dan gagasan dari Mahasiswa IAIN Sorong yang menjalankan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) oleh Posko 9 Sorong Manoi 2 yang di kordinir oleh Wahyuni dan Mira Sartika.

Bakti sosial merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita. Bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh Mahasiswa IAIN Sorong Posko 9 Sorong Manoi 2 dengan tujuan untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka.

Melihat keadaan masyrakat yang kini setiap hari semakin sulit memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di tambah lagi dengan kehadiran pandemi covid-19 kian membuat perekonomian beberapa warga meradang akibatnya banyak para pekerja yang di PHK sehingga harus memutar otak untuk mencari sesuap nasi. Selain itu juga perekonomian yang menurun membuat kasus baru dalam kehidupan rumah tangga seperti angka perceraian semakin meningkat, KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) tak bisa di bendung dan mengabaikan kesehatan karena faktor ekonomi ujar Wahyuni (Mahasiswa KKN Sekretaris Posko 9 Sorong Manoi 2).

Salah satu warga penerima bantuan paket sembako menuturkan bahwa “Terus terang kami sangat berterima kasih kepada Mahasiswa IAIN Sorong Posko 9 Sorong Manoi 2 dan Yakesma yang sampai saat ini tetap konsisten membantu masyrakat yang ekonominya menurun serta selalu berjuang menerapkan nilai-nilai kemanusiaan, kemasyrakatan dan solidaritas” dalam pergerakannya.
Kami berharap semoga kegiatan bakti sosial dapat bermanfaat bagi warga kompleks belakang GOR yang tinggal di sekitaran bantaran sungai agar dapat terhindar dari penyebaran Covid-19 serta kegiatan perekonomian dapat segera kembali normal, sehingga tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup. Bantuan ini diberikan dengan harapan membantu memperbaiki perekonomian dan meringankan beban warga. Penerima bantuan paket sembako dikhususkan untuk warga yang perekonomiannya menurun drastis akibat Covid-19, warga yang tidak dapat bekerja karena adanya Covid-19, warga yang perekonomiannya kurang mampu, hingga usia lanjut usia yang tidak lagi memiliki tahap ujar Ali Akbar (Ketua Posko 9 Sorong Manoi 2).(Hafid)