Dalam rangka meningkatkan kapasitas kelembagaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Satuan Pengawasan Internal (SPI) di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), IAIN Surakarta mengadakan kegiatan pelatihan dasar bagi kepala dan anggota SPI PTKN bekerjasama dengan forum SPI se-Indonesia. Acara ini diikuti 33 SPI PTKN yang ada di tanah air, seperti SPI UIN Ar-Raniry Banda Aceh, SPI IAIN Gorontalo, UIN Raden Intan Bandar Lampung, dan sebagainya. SPI STAIN Sorong juga mengambil bagian dalam acara tersebut. Surat tugas yang disahkan oleh ketua STAIN Sorong Dr. Hamzah, M. Ag. melalui Wakil Ketua I Dr. Muh. Rusydi, M.Pd. mendelegasikan pengelola SPI STAIN Sorong yang diwakilkan oleh Sumarni Randriany, S.E (kepala SPI) dan Lalu Nasrulloh (staf SPI). Kegiatan yang berlangsung sejak Selasa, 9 April s.d. 13 April 2019 tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat. Sejak acara dibuka oleh Rektor IAIN Surakarta para peserta tidak pernah merasa jenuh. Sesi demi sesi acara yang didesain oleh panitia selalu diikuti dengan rasa gembira oleh seluruh peserta. Kegiatan yang dinakhkodai oleh Pak Ivan (kepala SPI IAIN Surakarta) ini menimbulkan decak kagum dari seluruh peserta, bagaimana tidak, kegiatan diskusi yang konsep secara santai tanpa menghilangkan substansi dari acara.
Kegiatan ini dikolaborasikan dengan outbond, kunjungan ke tempat-tempat sejarah dan perbelanjaan, dan lain sebagainya. Menurut pengakuan salah satu dari peserta PDAI yakni Geri Mahardika, bahwa “acara SPI kali ini sungguh beda, konsep acaranya bikin betah dan tidak membosankan. Para pemateri yang disuguhkan juga yang sudah mumpuni di bidang masing-masing”.
Bagi SPI STAIN Sorong khususnya, kegiatan ini sangat luar biasa dan bermanfaat, mengingat SPI STAIN Sorong bisa dikatakan baru berumur dua tahun berjalan tentunya masih banyak hal atau target yang harus dipenuhi dan dicapai. Kegiatan tersebut dapat memberikan gambaran tersendiri bagi pengelola SPI STAIN Sorong, khususnya Lalu, sebagai salah satu staf SPI yang diutus mendampingi kepala. Di antaranya mendapatkan gambaran tentang beberapa regulasi dan pedoman terkait pelaksanaan dan kinerja SPI, dan dengan adanya kegiatan tersebut SPI PTKN, khususnya SPI STAIN Sorong ke depan bisa menjadi salah satu pilar sekaligus pengontrol tata kelola kelembagaan, karena SPI pada prinsipnya merupakan sebuah organisasi internal kelembagaan sebagai penyambung tangan lembaga pengawas eksternal (BPK/BPKP) dalam mewujudkan Good University Governance (GUG).
Harapan dengan terlaksananya kegiatan ini, ke depannya peran SPI dapat melakukan perbaikan, penyempurnaan proses, dan kinerja pengawasan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan menjalankan fungsinya sebagai assurance dan konsultan. (Lalu)