Minggu, 5 Desember 2021 – Sebanyak 9 peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk satuan kerja IAIN Sorong. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di Satuan Kerja Se Indonesia.
Pelaksanaan SKB ini dilakukan secara daring (via zoom). Peserta tersebar di lokasi domisili (Kankemenag. Kab/Kota terdekat) sedang Penguji berada di Satuan kerja masing-masing.
Sebagai informasi di tahap sebelumnya 46 peserta telah mengikuti Test SKD-CAT, yang akan mengisi beberapa formasi. Formasi yang akan diisi pada SKB CPNS 2021 IAIN Sorong sebanyak 5 formasi dengan uraian: D-3 Pencairan Dana 1 formasi, S-1 Pranata komputer 1 formasi, S-2 PGMI 1 formasi, S-2 Bahasa Indonesia 1 formasi, S-2 Statistika 1 formasi. Dari 46 peserta Test SKD-CAT 9 orang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Ujian tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
Menurut Muh. Syaifudin Zuhri, salah satu panitia Seleksi CPNS pada satuan kerja IAIN Sorong mengatakan, meski pelaksaanaan ujian berlangsung lewat daring, namun Panitia Pusat tetap memantau melalui aplikasi yang telah terpasang di lokasi ujian dan satuan kerja.
“Adapun Instrumen SKB ini menggunakan Aplikasi Pengujian yang telah diformat khusus oleh Panitia Pusat dengan sistem berpusat pada satu server, jadi hasil ujian langsung terekam di server Panita pusat” menurut Muh. Syaifudin Zuhri dalam peryataannya.
Sementara Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK) IAIN Sorong Syamsudin Dato. berharap, pelaksanaan ujian SKB dapat berjalan dengan aman dan tertib. Walaupun dalam kondisi wabah Covid-19, namun tidak menjadi penghalang pelaksanaan ujian yang dilaksanakan secara Daring. Pelaksanaan SKB ini melibatkan 2 orang penguji. Mereka bekerja secara profesional dan telah dibekali pengetahun penguasaan aplikasi yang digunakan saat pelaksanaan ujian, tutupnya.