Foto bersama dengan para guru yang menerima bantuan dari YBMPLN Gencari IAIN Sorong

Humas IAIN Sorong- Bertepatan dengan Hari Guru Nasional tanggal 25 November 2023, Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN melalui Generasi Cahaya Pintar (Gencar) IAIN  Sorong menyerahkan bantuan kepada 15 orang guru honorer di wilayah Kota dan Kabupaten Sorong.

Koordinator Gencar IAIN Sorong, Nasaruddin, M.Pd mengatakan, bantuan yang diberikan sebagai bentuk dedikasi atas pengabdian para guru .  Sesuai tema kegiatan “Gencar Mengabdi Hari Guru Nasional 2023”.   Dalam Bantuan Apreseasi  Dedikasi Guru,  YBMPLN menyerahkan   Rp 2 juta/orang.

“Kita  berikan apreseasi kepada guru-guru yang menjadi pahlawan pendidikan.  Seluruh Indonesia ada 300 guru yang mendapatkan bantuan dari YBMPLN. Setiap  kampus diberikan 15 porsi guru sebesar Rp 2 juta setiap guru, diberikan secara tunai atau non tunai tanpa potongan,”jelas Koordinator Gencar IAIN Sorong, Nasaruddin disela  persiapan kegiatan penyerahan bantuan yang digelar di Lantai II Gedung Pasca Sarjana IAIN Sorong, Sabtu (25/11)

Dijelaskan bahwa Gencar merupakan wadah yang menghimpun para mahasiswa yang menerima beasiswa dari  Yayasan Baitul Maal PLN, untuk melaksanakan kegiatan seperti bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

“Kita sudah berjalan 16 kali yakni pendidkan, dan ekonomi. Yang belum kami laksanakan yakni bidang kesehatan karena  kita sulit menjangkau daerah –daerah yang tidak ada Puskesmas di wilayah tersebut,”tandas Nasaruddin.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Gencar IAIN Sorong seperti   kegiatan penyerahan bantuan  santunan, dan bantuan  untuk korban kebakaran, banjir, anak yatim, panti asuhan dan pendidikan.

Untuk di Papua Barat Daya, YBMPLN hanya ada di IAIN Sorong. Sejak tahun 2019 lalu, Gencar IAIN Sorong hadir menyalurkan bantuan dari YBMPLN. “Anggota Gencar ada ,73 orang, tapi kemarin lulus 13 jadi sekarang tinggal 60,”ungkap Nasarudin.

“Mudah-mudahan yang kami laksanakan ini  berkelanjutan karena rencananya setelah guru formal nantinya juga ada bantuan guru mengaji. Dan kita juga upayakan memberi  semangat juga kepada adik-adik  mahasiswa untuk terus bekerja sosial, bekerja ikhlas untuk membantu masyarakat dan juga para guru, anak yatim dan  juga guru-guru ngaji nanti,”imbunya.

Sementara itu Sekretaris YBMPLN Gencar IAIN Sorong, Deni Rahman mengatakan, wujud apreseasi yang diberikan PT PLN kepada  para guru kiranya dapat lebih meningkatkan  semangat para guru dalam melaksanakan tugas dapat bermanfaat dan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Dijelaskan oleh Deni Rahman, YBMPLN didirikan oleh PLN untuk kegiatan sosial . YBMPLN mengelola dana zakat dari penghasilan pegawai PLN yang dipotong setiap bulan . “Kami pegawai PLN itu ada pemotongan 2,5 persen dari penghasilan, dipotong setiap bulan langsung dari pusat,”ungkapnya.

Dalam  pengelolaan dana zakat itu terdapat 5 pilar yang diharapkan dapat tersampaikan kepada masyarakat. Kelima pilar itu  yakni sosial kemanusiaan, kesehatan, dakwah, perekonimian, dan pendidikan.

Wakil Rektor II Hasbullah, M.Pd Ph.D saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan guru

Sementara itu, Wakil Rektor II IAIN Sorong, Hasbullah, M.Pd P.hD dalam sambutannya memberikan semangat kepada para guru honorer yang menerima bantuan dari YBMPLN untuk terus mengabdi dengan penuh dedikasi yang tinggi.

Warek II berharap agar  bantuan yang diberikan jangan dilihat dari nilainya namun sebagai wujud dari apreseasi PT PLN untuk para guru yang telah mengabdi selama ini. Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan menambah keberkahan bagi para guru.

Atas bantuan yang diterima, perwakilan guru pun menyampaikan, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada YBMPLN atas apa yang diberikan kiranya menjadi penyemangat bagi para guru.

Bantuan dari YBMPLN ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para guru honorer untuk terus berjuang dan memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan.

Usai rangkaian sambutan, bantuan apresesai dedikasi guru dari YBMPLN diserahkan secara simbolis oleh Wakil Rektor II Hasbullah, M.Pd P.hD kepada perwakilan guru. (Rosmini)