Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong di Visitasi Surveilance Akreditasi Institusi oleh BAN-PT dalam Perubahan Bentuk STAIN Sorong menjadi IAIN Sorong.

Kegiatan visitasi Surveilance Akreditasi Institusi tersebut di gelar via daring Zoom. Jumat, 10/9/21.

Kegiatan visitasi dilakukan oleh Tim Asesor BAN-PT yang terdiri dari Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT Prof Akhmad Fauzy Ph D., Asesor BAN-PT Suparto, M Ed., dan Prof Dr H Muslim Kara, M Ag.

Rektor IAIN Sorong dalam sambutannya mengatakan perubahan STAIN Sorong menjadi IAIN Sorong merupakan babak baru bagi pengembangan sumberdaya manusia dalam bidang pendidikan yang berbasis keagamaan Islam dalam konteks pengembangan kawasan Papua khususnya Papua Barat dan sekitarnya pada era distribusi informasi.

Era distribusi informasi bagi SDM Papua Barat bukan hanya menjadi tantangan tunggal tetapi beberapa tantangan yang berkaitan dengannya serta tantangan lainnya menjadi karakteristik pengembangan SDM di kawasan Papua Barat seperti tantangan ideologi yaitu keinginan untuk merdeka oleh kelompok tertentu dan tantangan kepentingan pembangunan lainnya.

Lanjutnya Hamzah mengatakan bahwa berkaitan dengan lingkungan strategis tersebut IAIN Sorong mengusulkan penyusunan visi dan misi yang tertuang pada statuta IAIN Sorong yakni menjadi lokomotif pengembangan harmonis dan produktivitas di bidang ilmu pengetahuan berbasis ilmu keislaman dan teknologi.

Tim Surveilance Akreditasi Institusi dan seluruh civitas akademika IAIN Sorong berharap agar hasil visitasi akreditasi membuahkan hasil yang sangat baik sesuai dengan harapan sehingga kedepan IAIN Sorong dapat lebih meningkatkan lagi mutu pendidikan di IAIN Sorong.

Hadir dalam kegiatan visitasi Surveilance Akreditasi Institusi Mitra IAIN Sorong Ketua Komisi II Anggota DPRD Kota Sorong dan Ketua IKADI Da’i Indonesia Kota Sorong H. Taslim S Sos M Pd., Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Sorong dan Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Sorong KH. Drs Kisman Rahayaan MM dan Wakil Ketua Persekutuan Gereja se Provinsi Papua Barat Pdt. Obet Nego Mauri M Th.

Wakil Rektor I IAIN Sorong Dr Muhammad Rusdi Rasyid M Pd I, Plt. Wakil Rektor II Drs Umar Sulaiman M Si., Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah Dr Surahman Amin Lc MA., Dekan Fakultas Terbiyah Drs Hasbullah M Pd Ph D., Plt. Kasubag PKA Radiah Said SE., Plt. Kepala Unit TIPD Rabiuddin S Pd M Pd. Dan seluruh Wakil Dekan dan Koordinator Program Studi IAIN Sorong.