IAIN Sorong-Prestasi serta amanah baru disematkan kepada Rektor IAIN Sorong, prof. Dr. Hamzah, M. Ag pada Kamis (21/9) bertempat di Hotel Rylich Panorama. Prof. Dr. Hamzah, M. Ag dipilih serta dilantik sebagai kerua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) untuk wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Tidak hanya ketua, kegiatan tersebut sekaligus melantik para pengurus DPW hebitren yang dilantik langsung oleh Ketua DPP Hebitren Indonesia Dr.K.H. Hasib Wahab Hasbullah. Dalam momen tersebut ditetapkan pula Muhammad Satir, M. Pd. I sebagai sekretaris umum. DPW Hebitren merupakan sebuah perkumpulan yang profesional khusus dalam mengembangkan dan membangkitkan ekonomi bisnis di pesantren.

Dalam sambutannya Ketua umum DPP Hebitren menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Provinsi Papua barat dan Papua Barat Daya serta Bank Indonesia (BI) yang selalu mendampingi dan memfasilitasi hingga terlaksana kegiatan pelantikan tersebut.

Hasib Wahab mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu tiga tahun telah terbentuk 28 DWP di seluruh Indonesia.Hal ini pula menjadi konsen dari BI hingga membentuk departemen Ekonomi Syariah.

“Kami benar-benar sadar bahwa membangun dan memperkuat ekonomi syariah tidak bisa dilakukan sendiri oleh BI, harus ada sinergitas kolaborasi untuk menciptakan pilar baru yang kuat untuk pertumbuhan ekonimo di Indonesia,” terang Rommy Tamawiwy Kepala Kantor Perwakilan BI Papua Barat.

Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Papua Barat dan Papua Barat Daya, IAIN Sorong memiliki peluang besar sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi bisnis di pesantren. Pengembangan bidang keilmuan, riset, serta pengabdian masyarakat bidang ekonomi syariah dan pesantren menjadikan IAIN Sorong layak dan percaya dapat membuat revolusi baru dalam konsen ekonomi bisnis di pesantren.