Pelaksanaan Ujian Masuk Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Sorong di Laksanakan Pada Laboratorium Terpadu Ruang Komputer dan Ruang Lab. Bahasa. Selasa, 04 Juli 2023.
Setelah Pelaksanaan SPAN-UM PTKIN yang di Laksanakan Serentak Se-Indonesia Kini Waktunya Untuk Perguruan Tinggi Lakukan Penerimaan Jalur Mandiri.
Sebelum Mendaftar sebagai calon Mahasiswa,  Siswa/I  dari SMA/MA /Sederajat di pastikan di Nyatakan Lulus kemudian Mendaftar Bisa Secara Online dan Juga Bisa Langsung Ke Kampus Hijau IAIN Sorong yang Bertempat di Jalan Klamono Km. 17 Distrik Klaurung Kota Sorong Papua Barat Daya.
Untuk Jalur UMM PMB ini terpantau ada 100 Peserta yg Mendaftar yang Kemudian di tetapkan Untuk Pelaksanaan Ujian dengan Pelaksanaan 3 Sesi.

Sesi Pertama Ruang 1 Jam 09.00 – 11.00 WIT
Sesi Kedua Ruang 2 Jam 09.00 – 11.00 WIT
Sesi KeTiga Ruang 1 Jam 11.30 – 12.30 WIT.

Pelaksanaan Ujian Masuk Mandiri(UMM) Ini di Pantau Langsung Rektor, WR. 1, Kepala Biro AUAK, Direktur Pascasarja dan Wakil Dekan Tarbiyah.
Rektor dan Pimpinan yang di Dampingi Panitia Menyampaikan bahwa Pelaksanaan UMM ini yg Offline sebanyak 75 Camaba dan Ada Juga yg ikut Secara Online mengingat Jarak sehingga Panitia Memutuskan Untuk Pelaksanaan Online, sebanyak 25 Camaba yang berada di Megah, Fak Fak dan Klamono.

Dalam Kesempatan Tersebut, Rektor maupun Wakil Rektor 1 Selaku Ketua Panitia sempat Menyapa Peserta di Ruangan yang Berbeda Sambil Memantau Kendala yang di Hadapi Peserta atau Pengawas yang Bertugas di Ruangan masing masing. Alhasil Semua Berjalan Lancar dan Aman.
IAIN Sorong masih Membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Tahap 2 yang Mulai di Buka 03 Juli 2023 – 14 Agustus 2023.
Yuuuk Bergabung dengan IAIN Sorong Perguruan Tinggi Islam Satu Satunya yang Berada di Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Salam